5 Cara Mengobati Lepuh Tenggorokan

Juni 23, 2019
Sakit tenggorokan yang parah sudah cukup parah, tetapi yang disertai lepuh bisa sangat menyakitkan. Antara 85 dan 95 persen sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, tetapi lepuh tenggorokan dapat memiliki sejumlah penyebab berbeda, mulai dari infeksi saluran pernapasan atas yang umum seperti pilek dan flu hingga virus herpes oral. Sebagian besar kasus lepuh tenggorokan hilang dengan sendirinya, dan meskipun Anda biasanya tidak dapat mempersingkat penyakit yang menyebabkannya, Anda setidaknya dapat meringankan rasa sakit. Dari pengobatan rumahan hingga obat resep, berikut adalah lima cara untuk mengobati lepuh tenggorokan.

5 Cara Mengobati Lepuh Tenggorokan
5 Cara Mengobati Lepuh Tenggorokan

1. Berkumur Air Garam untuk Menenangkan Tenggorokan yang Sakit


Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dengan mengurangi dan membersihkan lendir yang dapat menyebabkan batuk dan membuat suara serak menjadi lebih buruk. Beberapa orang juga menemukan bahwa teh herbal berkumur yang terbuat dari chamomile, sage, atau blackberry dapat membantu meringankan rasa sakit.

2. Celupkan ke Beberapa Madu untuk Menenangkan Tenggorokan yang Sakit


Madu adalah obat tradisional yang dihormati waktu untuk sakit tenggorokan dan mungkin sangat membantu untuk melepuh. Madu adalah demulen alami, artinya melapisi dan menenangkan jaringan yang teriritasi, apa pun penyebabnya. Ini juga memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi, yang keduanya dapat membantu mencegah infeksi virus dari transisi ke infeksi bakteri sekunder. Obat sakit tenggorokan yang disarankan dalam jurnal pengobatan Ayurvedic musim semi 2012 “Ayu” merekomendasikan menelan satu sendok teh madu yang dicampur dengan 2 sendok teh jus jeruk nipis setiap beberapa jam; lada hitam untuk meningkatkan sirkulasi ke tenggorokan adalah opsional.

3. Gunakan Obat-Obatan Bebas untuk Mengobati Sakit Tenggorokan


Obat pereda nyeri OTC biasa juga bisa membantu. Ibuprofen (Advil, Motrin) dapat bekerja lebih baik untuk lepuh tenggorokan daripada acetaminophen (Tylenol) karena efek anti-inflamasinya.

4. Kurangi Asam agar Tenggorokannya Sembuh Sembuh


Salah satu kemungkinan penyebab lecet atau borok tenggorokan adalah penyakit refluks laringofaringeal yang parah, yang terjadi ketika asam dari lambung bocor ke kerongkongan, kadang-kadang membuatnya sampai ke tenggorokan. Ini terkait erat dengan refluks asam. Menghindari semua makanan dan minuman yang bersifat asam, termasuk soda, minuman berkafein, jeruk, tomat, cuka, dan anggur, untuk jangka waktu tertentu akan membuat tenggorokan Anda sembuh. Anda juga dapat memanfaatkan obat penghambat asam yang disebut proton pump inhibitor (PPIs), yang dijual dengan nama merek Prevacid dan Nexium. Namun, jika Anda berpikir masalah tenggorokan Anda disebabkan oleh penyakit refluks, Anda harus berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan.

5. Cobalah Obat Resep untuk Radang Tenggorokan


Radang tenggorokan adalah infeksi bakteri yang umum, tetapi hanya bertanggung jawab untuk sekitar 10 persen dari kasus sakit tenggorokan dan lepuh. Selain menelan yang menyakitkan, radang tenggorokan dapat menyebabkan demam dan kedinginan, sakit kepala, gangguan perut dan nanah pada amandel atau tenggorokan berwarna merah cerah. Radang tenggorokan memang merespon terhadap antibiotik, tetapi keuntungannya kecil, menurut sebuah artikel November 2007 yang diterbitkan dalam "Canadian Family Physician," sebuah jurnal oleh College of Family Physicians of Canada. Mereka sedikit mengurangi gejala dan ditemukan dapat mempersingkat penyakit hanya dengan 16 jam.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »