5 Cara Hebat Manfaat Seks bagi Tubuh Anda

Juni 23, 2019
Tanyakan kepada siapa pun mengapa mereka berhubungan seks, dan mereka cenderung mengatakan mereka melakukannya untuk bersenang-senang.

5 Cara Hebat Manfaat Seks bagi Tubuh Anda
5 Cara Hebat Manfaat Seks bagi Tubuh Anda

Dan ya, ada orang yang mempelajari ini untuk mencari nafkah.

Dua peneliti seks paling terkenal adalah William Masters dan Virginia Johnson. Mereka mempelajari apa yang mereka sebut siklus respons seksual, yang melibatkan kegembiraan, dataran tinggi, orgasme, dan resolusi.

Meskipun masing-masing fase terlihat berbeda untuk setiap individu (dan bahkan kadang-kadang setiap pertemuan seksual), seks memiliki efek yang hampir sama pada semua orang. Jadi, jika Anda benar-benar membutuhkan alasan lain untuk berhubungan seks (atau Anda hanya ingin tahu tentang apa yang sebenarnya terjadi di otak Anda dan seluruh tubuh Anda), teruslah membaca selama lima cara berhubungan seks memengaruhi tubuh Anda.

1. Seks Dapat Membantu Menghilangkan Rasa Sakit dan Menurunkan Stres


Zat kimia yang dilepaskan otak Anda saat berhubungan seks juga dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan menurunkan tingkat stres Anda. Sebuah studi Princeton 2010 menemukan bahwa tikus yang lebih aktif secara seksual kurang cemas, karena seks merangsang pertumbuhan sel di hippocampus (area otak yang terkait dengan regulasi kecemasan).

Meskipun tidak ada korelasi satu-ke-satu antara tikus dan manusia, ada banyak bukti anekdotal yang menunjukkan bahwa ini berlaku untuk orang-orang (mungkin Anda bahkan memiliki anekdot sendiri). Dan endorfin yang dilepaskan saat berhubungan seks bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit alami. Jadi Betty Dodson, PhD, seorang pendidik seks dalam praktik pribadi di New York City, merekomendasikan untuk melakukan hubungan seks atau masturbasi untuk membantu meringankan kram menstruasi.

2. Seks Membantu Anda Ikatan dengan Pasangan Anda


Ketika Anda orgasme, tubuh Anda melepaskan oksitosin, zat kimia yang bertanggung jawab atas perasaan hangat, kabur dan kebahagiaan pasca-orgasme. Oksitosin juga penting untuk menciptakan ikatan yang kuat antara pasangan seks. Pada dasarnya, pasangan yang orgasme bersama, tetap bersama (atau memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk tetap bersama). Pastikan Anda tidak melekatkan diri pada pasangan yang tidak kompatibel. Oksitosin tidak membedakan antara cinta sejati dan satu malam berdiri sendiri.

3. Seks Menempatkan Tubuh Anda dalam Overdrive


Anda sudah tahu bahwa seks itu menyenangkan, tetapi otak dan tubuh Anda mengetahuinya (dan menunjukkannya) juga. Seks menyebabkan detak jantung, tekanan darah, dan laju pernapasan Anda meningkat. Darah dialirkan ke penis, vagina dan puting, membuatnya sangat sensitif terhadap input sensorik.

Sisa kulit Anda juga menjadi lebih sensitif untuk disentuh, dan pupil Anda akan sering membesar. Dan ketika Anda mencapai klimaks, ketegangan otot dan pembengkakan pembuluh darah mencapai puncaknya juga. Beberapa orgasme juga menghasilkan refleks otot tipe tangan dan kaki.

4. Seks Meningkatkan Sistem Jantung dan Kekebalan Tubuh Anda


Karena tubuh Anda (terutama jantung Anda) bekerja lebih keras saat berhubungan seks daripada saat istirahat, seks membangun stamina jantung. Ketika detak jantung Anda meningkat dari sekitar 70 detak per menit menjadi 150, jantung Anda mendapatkan latihan yang bagus (lihat # 5 untuk lebih lanjut). Dan seks tidak hanya baik untuk jantung Anda, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa seks juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Sebagai contoh, sebuah penelitian Universitas St Joseph dari psikolog Carl Charnetski dan Francis Brennan, Jr., menemukan bahwa siswa yang melakukan hubungan seks sekali atau dua kali seminggu memiliki kadar imunoglobulin A (IgA) yang lebih tinggi, yang merupakan salah satu respons imun pertama tubuh. melawan virus flu.

5. Seks Bisa Menjadi Latihan yang Cukup Layak


Semua aktivitas di antara lembaran-lembaran itu dapat membantu Anda membakar kalori berlebih dan memperkuat beberapa kelompok otot utama. Bergantung pada panjang dan intensitas sesi bercinta, Anda bisa membakar 85 hingga 250 kalori. Ini tentu saja tidak cukup untuk menggantikan latihan harian Anda, tetapi setiap sedikit membantu Anda tetap aktif dan jantung Anda sehat.

Dan jika Anda dan pasangan cukup berpetualang, beberapa posisi yang lebih menantang itu bahkan dapat membantu memperkuat dan memahat perut, paha, dan lengan Anda.

Apa yang kamu pikirkan?


Jadi mengapa Anda melakukan hubungan seks? Untuk kesenangan? Tentu saja! Tapi berapa banyak alasan lain yang Anda tahu? Apakah itu mengubah pandangan Anda tentang seks sama sekali? Pernahkah Anda mendengar efek lain dari hubungan seks pada tubuh? Bagikan saran, wawasan, dan pertanyaan Anda di bagian komentar di bawah!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »